SPOT AMBO

Blog ini berisi tentang pengalaman-penglaman dikehidupan saya

Wednesday 27 January 2016

Yang Saya Ketahui tentang blog

Cerita Mengenal Blog

Pertama kali saya kenal blog yaitu pada saat sekolah di MAN Selat tengah Kuala Kapuas, waktu saya kelas 11, saya diajarkan oleh guru saya yang bernama bapak Asbihannor. S.Kom.

Sebelumnya saya sering broser google, tapi saya tidak tau apa itu blog, anehkan, tapi ini beneran lo. seiring berjalan waktu saya lebih tau apa itu blog.


Pertama nama blog saya yaitu www.refqifauzan.blogspot.com, tapi alamat blog ini saya ganti pada tahun 2015 menjadi www.berkahnyasholawat.blogspot.com.

Awal saya punya blog, saya isi blog itu tentang datu dan guru-guru yang berpengaruh dikalimantan, tapi semua postingan saya bukan hasil ketikan saya sendiri, melainkan ketikan orang lain. saya merasa janggal dengan hal ini, punya blog tapi copy paste semua.

Akhirnya saya hapus postingan-postingan yang saya copy itu dan perlahan saya ketik sendiri tapi kata-kata nya dari buku yang saya punya dan saya juga isi dengan mp3-mp3 sholawat, mp3 surah, teks sholawat, vidio shalawat, dan artikel islami

Dulu pada saat saya kelas 11 saya sering nanya-nanya pada teman saya yang bernama Ahmad Muzakir, nama panggilannya Zakir teman sebangku sewaktu kelas 10, dia ini orangnya baik suka bagi-bagi pengetahuan pada saya.

Ahmad Muzakir ini lebih tau dari saya mengenai blog atau pun lainnya yang berhubungan dengan komputer, karena dirumahnya punya wifi, jadi dia bebas untuk internetan, main game online DLL, saya sering kerumahnya untuk download-download mp3 sholawat.

Ketika saya asik download, saya nanya pada Zakir, "Kir gimana ya cara agar blog ku ini, aku isikan mp3 sholawat yang aku punya karena aku banyak punya CD Parade Maulid Habsy Kapuas".

Sebelumnya saya diajarkan bagaimana mengubah format vidio menjadi format mp3 dulu, karena isi CD yang saya punya itu format vidio jadi saya ubah dulu menjadi mp3 sebelum di upload ke situs penyimpanan data online.

Penyimpanan online bisa lewat mediafire atau 4share. tapi dia sarankan lebih baik pakai mediafire saja katanya Zakir. karena mediafire tidak ribet seperti 4share.

Terus kata Zakir, kalau kamu mau mediafire kamu bikin saja akunnya atau bisa juga masuk dengan akun facebook atau twitter, pada saat itu saya milih masuk dengan akun twitter. alhamdulillah saya langsung ngerti uploadnya dan bagi link nya.

Banyak sekali ilmu yang saya dapat dari teman saya bernama zakir ini, ilmu yang saya rasakan sampai saat ini yaitu ilmu bikin email gmail. karena email gmail saya yang pertama saya bikin dirumah Zakir yang di ajarkan langsung oleh dia.

Tentang Blog

Sepengetahuan saya blog itu singkatan dari weblog (cacatan online web) atau bisa juga dengan memahami arti lebih luasnya, blog adalah situs web yang berisi tulisan artikel atau informasi bermanfaat  yang  di perbaharui secara teratur.

Blog Saya

Saya punya blog yang beralamat http://berkahnyasholawat.blogspot.co.id/, di blog itu saya buat artikel buatan sendiri dan link download mp3 sendiri walaupun sebagian ada link downloadnya dari orang, kalau lyric sholawat itu saya copy paste dari blog https://pecintahabibana.wordpress.com/.

Ini adalah tampilan blog saya pertama http://berkahnyasholawat.blogspot.co.id/
Walaupun copy, tapi teks sholawat/qosidah yang saya posting itu dapat ijin, dari yang punya blog https://pecintahabibana.wordpress.com/ katanya silahkan saja posting ulang, dalam posting ulang itu saya edit dulu font nya, saya menggunakan font Traditional Arabic biar agak gampang dibaca.

Ini adalah tampilan blog https://pecintahabibana.wordpress.com/ yang punya banyak teks qosidah.
Saya juga punya blog yang isinya menceritakan pengalaman saya main game dan juga pelajaran-pelajaran tentang komputer yang saya ketahui, tapi blog ini kurang update karena seringnya tugas kampus. :)
Ini tampilan blog saya yang kedua yang dibikin akhir tahun 2015 http://ambomen.blogspot.co.id/
.

Jenis-Jenis Blog Berdasarkan konten

Online Diary Blog

Blog jenis ini bentuknya seperti buku harian atau jurnal yaitu berisi tentang pengalaman pribadi yang punya blog. contohnya blog ini dia menceritakan pengalaman liburan-liburannya di KALSEL.
Ini adalah tampilan blog online diary  http://zainalhakimmsc.blogspot.co.id/

Product Blog

produk blog adalah jenis blog yang berisi tentang informasi produk-produk yang ingin dipamerkan dan dijual. informasi yang diberikan selalu update dengan design yang sederhana. Contohnya blog ini memamerkan serta menjual obat-obatan mereka.
Ini adalah tampilan produck blog dari http://e-obatkebotakan.com/

Niche Blog

Blog ini adalah blog yang membahas satu topik, blog ini juga digunakan para blogger untuk menghasilkan uang. dalam blog ini banyak berisi promosi, jual beli dengan Design blog sederhana dan loading cepat. Contoh blog niche tentang informasi gadget
Ini adalah tampilan blog nieche http://gadget-baru.com/

Corporate Blog

Blog ini adalah blog jenis perusahaan, yang berisi tentang profil perusahaan, berita-berita perusahaan, DLL. contonya seperti:

Ini adalah tampilan corporate blog http://www.adaro.com/

Tujuan saya ngeblog

Tujuannya pertama saya sih dulu itu ingin berbagi MP3 Parade Maulid Habsy, karena saya sebagai peserta dalam Parade Maulid Habsy. dulu kan saya sering download-download mp3 sholawat di blog orang tapi alhamdulillah saya sekarang bisa bikin blog dowload sendiri.

Sedikit demi sedikit saya upload MP3 habsy, karena saya cuma pakai modem dulu itu, tapi alhamdulillah sekarang saya ngekos diBanjarmasin, di kos saya ada wifi nya, jadi lebih mudah untuk upload dan download.

Manfaat blog bagi saya

Manfaatnya banyak, saya bisa dikenal orang, dengan ngeblog saya insha Allah dapat amal jariyah dari berbagi pengetauan, dengan ngeblog juga saya bisa mendapatkan banyak dollar jika saya serius dalam hal ini.

Manfaat blog buat umum

Manfaatnya sangat banyak, orang-orang bisa mengetahui apa yang belum orang-orang ketahui, orang-orang juga bisa mendapatkan lagu ataupun vidio yang mereka inginkan tanpa harus membeli CD diluaran.

Sampai sini dulu pembahasan tentang blog nya, mohon maaf jika ada kesalahan. assalamu'alaikum.

1 comment: