SPOT AMBO

Blog ini berisi tentang pengalaman-penglaman dikehidupan saya

Monday 21 March 2016

Cara Membuat Blog di Blogspot dan Cara Membuat Postingan

Pada postingan kali ini saya akan buat artikel "Cara membuat blog di blogspot dan cara membuat postingan" mari simak tulisan dibawah ini.

Buka url blogger

Pertama kita buka dulu url blogger https://www.blogger.com/ kemudian kita akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini. Naah jika kalian ingin membuat blog klik saja tombol Blog Baru yang ada linkaran hitam seperti gambar dibawah ini.

Halaman awal blogger

Pembuatan blog baru

Kalau kalian yang belum pernah sama sekali bikin blog, ketika kalian buka url https://www.blogger.com/ maka akan berbeda sedikit dengan tampilan yang saya printscreen diatas tadi.

Jika sudah kalian klik tombol Blog Baru maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Halaman untuk daftar blog baru

Daftar blog yang harus diisi

Pada halaman itu  kalian harus mengisi Judul, Alamat dan pilih Template yang diinginkan, Untuk lebih jelasnya lihat dibawah ini:


  • Judul adalah untuk kita beri judul blog atau nama blog misalkan seperti blog saya ini yang judulnya Ahmad Rifqi Fauzan. alasan saya memakai judul itu karena di blog ini saya banyak bercerita tentang pengalaman diri pribadi saya.
  • Alamat adalah untuk orang lain yang ingin membuka blog kita, saya sarankan kalau bikin alamat blog itu yang enak diingat biar orang lain sering mengunjungi alamat blog kita. dalam pembuatan alamat ini, alamat harus tersedia seperti gambar datas tadi.
  • Template adalah tampilan yang ingin kita gunakan, template ini pilih saja yang standart, nanti kalau sudah bosan kita bisa ganti juga kok.
Nah jika sudah terisi silakan klik tombol orange yang bertuliskan Buat Blog!, naah maka akan muncul seperti tampilan dibawah ini, berarti sudah berhasil untuk membuat blog, selanjutnya saya akan bahas cara membuat postingan.

Halaman ketika sudah bikin blog

Bikin postingan pertama


Jika ingin membuat postingan klik tombol yang iconnya pensil diatas samping tulisan blogger, atau bisa juga klik tombol warna orange yang bertuliskan Entri Baru, setelah itu di klik salah satunya maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Tampilan  membuat postingan

Icon dan tombol yang penting dalam membuat blog

Mari simak dibawah ini untuk membuat postingan dengan mudah. Tampilan dibawah ini yang saya akan bahas yaitu Judul, Isi postingan, Memasukkan gambar di postingan, menyimpan postingan dan mempublikasikan postingan. oke langsung saja simak dibawah ini

Tampilan membuat postingan dengan mudah
Di bawah ini saya akan bahas sesuai nomor tampilan diatas:
  1. Judul postingan isi dengan apa yang ingin anda posting, misalkan seperti postingan saya ini adalah "Cara Membuat Blog di Blogspot dan Cara Membuat Postingan", judul postingan harus sesuai nantinya dengan isi postingan.
  2. Isi Postingan disini untuk menulis artikel yang kita inginkan, ingat yaa, dalam menulis artikel juga harus sesuai dengan judulnya.
  3. Insert Gambar di icon itu kita bisa menambah gambar untuk postingan yang dibuat.
  4. Simpan tombol ini kita perlukan setiap saat ketika sedang menulis.
  5. Publikasikan naah tombol ini adalah untuk memunculkan postingan di blog.
Sebenarnya masih banyak icon dan tombol penting yang ada dalam tampilan pembuatan postingan, mungkin saja sebagian dari kalian sudah ada yang mengetahui fungsi-fungsi icon seperti Bold, Italic, Underline, Text Color DLL.

Nah itu saja postingan saya kali ini semoga bermanfaat. amiin.

No comments:

Post a Comment